kisi-kisi ujian sekolah SD Tahun 2013/2014
kisi-kisi ujian sekolah
Ujian Nasional untuk jenjang SD mulai tahun ini ditiadakan. walaupun demikian tetap ada Ujian Sekolah/Madrasah.Kelulusan siswa SD/M ditentukan sepenuhnya oleh Dewan Guru Melalui Penilaian Dewan Guru. soalnya terdiri dari 25% Pusat dan 75 % daerah.
US/M. Dilaksanakan pada tanggal 19-21 Mei 2014. untuk mempersiapkan ujian sekolah hendaknya sering mengerjakan soal- soal latihan.
A. Mata Pelajaran IPA
Untuk mata pelajaran IPA ada 9 Kompetensi yang harus dikuasai Yaitu :
1. Memahami ciri-ciri dan penggolongan hewan dan tumbuhan,manfaat tumbuhan dan hewan bagi manusia, serta upaya pelestariannya.
2. Memahami perkembangbiakan hewan dan tumbuhan.
3. Memahami saling ketergantungan antarmakhluk hidup.
4. Memahami penyesuaian diri pada makhluk hidup serta peranan manusia dalam keseimbangan Ekosistem.
5. Memahami bagian tubuh manusia, tumbuhan, dan hewan, menjelaskan fungsinya, serta mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat.
6. Memahami sifat penyusun benda, perubahan bentuk benda dan kegunaan, serta pengaruh suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari.
7. Memahami hubungan antara gaya, gerak, energi dan perubahannya, serta manfaatnya dalam kehidupan sehari- hari.
8. Mendeskripsikan berbagai jenis sumber daya alam, perubahan yang terjadi dalam pengunaannya, serta dampaknya bagi kehidupan.
9. Memahami sistem tata surya bagi kehidupan.
B. Mata pelajaran Bahasa
Indonesia.
1 1. Membaca
Membaca
Membaca berbagai teks nonsastra berupa teks sederhana, laporan, pengumuman,
petunjuk pemakaian, ringkasan, makna kata, dan rubrik khusus, serta berbagai
karya sastra berupa puisi, dongeng, cerita anak, dan drama anak.
Disajikan
teks 3-4 paaragraf siswa dapat ;
- Menjawab pertanyaan dengan kata
tanya (apa, siapa, bagaimanan, atau
- mengapa.
- Membuat kalimat tanya sesuai
dengan isi salah satu paragraf dan
- Menentukan ide pokok salah satu
paragraf
- Disajikan petunjuk penggunaan obat , siswa dapat menjelaskan
penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur.
- Disajikan petunjuk penggunaan
sebuah produk yang diacak siswa dapat mengurutkan dengan susunan yang benar.
- Disajikan rubrik khusus surat
pembaca siswa dapat menentukan kalimat saran dengan tepat.
- disajikan cuplikan pengumuman
siswa dapat menentukan isinya.
Disajikan teks drama,
siswa dapat :
- menentukan tokoh utama
- menentukan latar
- menentukan amanatnya
- disajikan paragraf yang terdiri 4
kalimat siswa dapat menentukan kalimat utamanya.
- Disajikan teks percakapan siswa
dapat menyimpulkan isinya.
Disajikan sebuah
paragraf siswa dapat :
- Menyusun pernyataan yang sesuai
dengan isi paragraf.
- Mengartikan kata sulit dalam
kalimat, dan
- Menentukan antonim salah satu
kata yang ada dalam paragraf.
- Siswa dapat menentukan peribahasa
sesuai ilustrasi yang disajikan.
- Siswa dapat menentukan ungkapan
sesuai ilustrasi yang disajikan.
- Disajikan pantun siswa dapat menentukan pesan pesan yang terkandung
didalamnya
- Disajikan 2 teks siswa dapat
menentukan persamaanya.
Disajikan jadwal
perjalanan beberapa kendaraaan berbagai jurusan, siswa dapat :
- Membuat pernyataan sesuai jadawal
- Menentukan kendaraan tertentu
yang tepat sesuai dengan tujuan.
- Disajikan puisi , siswa dapat
menentukan maksud yang terkandung di dalamnya.
- Disajikan cuplikan cerita anak
siswa dapat menyimpulkan isinya.
Disajikan cuplikan
laporan siswa dapat ;
- Menentukan isinya
- Memperbaiki kalimat yang salah
strukturnya
- Disajikan percakapan dua tiga
orang siswa dapat menentukan topiknya.
Disajikan teks satu paragraf siswa dapat :
- Menentukan ringkasanya
- Menentukan temanya
- Menentukan pesan yang terkandung
didalamnya.
Disajikan puisi pendek, siswa dapat :
- Menentukan pernyataan sesuai
puisi
- Menentukan makna kata pada puisi yang disajikan.
2 2. Menulis
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, daninformasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk
pemakaian, surat,pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, dan ringkasan
dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata yangtepat; menulis berbagai karya
sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrase, dan pantun
- Disajikan petunjuk cara membuat
sesuatu yang diacak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk
yang runtut.
- Disajikan 4 kalimat yang disusun
acak siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu.
- Disajikan dua kalimat tunggal,
siswa dapat menggabungkan dengan kata yang tepat.
- Disajikan kalimat rumpang siswa
dapat melengkapi dengan kata hubung yang tepat penulisan.
- Disajikan surat undangan suatu
kegiatan yang belum lengkap siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang efektif.
- Siswa dapat menentukan tanda baca
pada kalimat pada kalimat surat yang disajikan.
- Disajikan pengumuman yang belum lengkap siswa dapat melengkapi
dengan pilihan kata yang tepat.
- Disajikan dialog antara dua orang
siswa dapat siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
- Disajikan formulir dan ilustrasi
siswa dapat melengkapi formulir sesuai dengan ilustrasi yang disajikan.
Disajikan teks pidato
yang belum lengkap siswa dapat
- Melengkapi dengan kalimat ajakan
yang tepat
- Memperbaiki kalimat yang ejaanya
salah.
- Disajikan surat resmi yang didalamnya terdapat kata kata yang tidak
tepat, siswa dapat memperbaiki dengan kata yang sesuai.
- Disajikan cuplikan laporan siswa
dapat membetulkan ejaan yang salah.
- Disajikan laporan yang
dirumpangkan, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
- Disajikan sebuah pantun yang
belum lengkap, siswa dapt melengkapi kalimat yang tepat.
- Disajikan gambar kegiatan, siswa
dapat menyusun sebuah paragraf yang sesuai dengan maksud gambar
- Disajikan paragraf rumpang, siswa
dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
0 Response to "Soal-soal latihan Ujian Sekolah SD Tahun 2013/2014"
Post a Comment