Soal-soal latihan Ujian Sekolah SD Tahun 2013/2014

            kisi-kisi ujian sekolah   SD Tahun 2013/2014



kisi-kisi ujian sekolah 

  Ujian Nasional untuk jenjang SD mulai tahun ini ditiadakan. walaupun demikian tetap ada Ujian Sekolah/Madrasah.Kelulusan siswa SD/M ditentukan sepenuhnya oleh Dewan Guru Melalui Penilaian Dewan Guru. soalnya terdiri dari 25% Pusat dan 75 % daerah.
       US/M. Dilaksanakan pada tanggal 19-21 Mei 2014. untuk mempersiapkan ujian sekolah hendaknya sering mengerjakan soal- soal latihan.

A.  Mata Pelajaran IPA

Untuk mata pelajaran IPA ada 9 Kompetensi yang harus dikuasai Yaitu :


1. Memahami ciri-ciri dan penggolongan hewan dan tumbuhan,manfaat tumbuhan dan hewan bagi manusia,      serta upaya pelestariannya.

2. Memahami perkembangbiakan hewan dan tumbuhan.

3. Memahami saling ketergantungan antarmakhluk hidup.

4. Memahami penyesuaian diri pada makhluk hidup serta peranan manusia dalam keseimbangan Ekosistem.

5. Memahami bagian tubuh manusia, tumbuhan, dan hewan, menjelaskan fungsinya,     serta mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat.
6. Memahami sifat penyusun benda, perubahan bentuk benda dan kegunaan, serta pengaruh suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari.

7. Memahami hubungan antara gaya, gerak, energi dan perubahannya, serta manfaatnya dalam kehidupan sehari- hari.
8. Mendeskripsikan berbagai jenis sumber daya alam, perubahan yang terjadi dalam pengunaannya, serta dampaknya bagi kehidupan.

9. Memahami sistem  tata surya bagi kehidupan.




B. Mata pelajaran Bahasa Indonesia.

1  1.  Membaca
Membaca Membaca berbagai teks nonsastra berupa teks sederhana, laporan, pengumuman, petunjuk pemakaian, ringkasan, makna kata, dan rubrik khusus, serta berbagai karya sastra berupa puisi, dongeng, cerita anak, dan drama anak.
Disajikan teks 3-4 paaragraf siswa dapat ;
-     Menjawab pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa, bagaimanan, atau
-     mengapa.
-     Membuat kalimat tanya sesuai dengan isi salah satu paragraf dan
-     Menentukan ide pokok salah satu paragraf

-     Disajikan petunjuk  penggunaan obat , siswa dapat menjelaskan penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur.
-     Disajikan petunjuk penggunaan sebuah produk yang diacak siswa dapat mengurutkan dengan susunan yang benar.
-     Disajikan rubrik khusus surat pembaca siswa dapat menentukan kalimat saran dengan tepat.
-     disajikan cuplikan pengumuman siswa dapat menentukan isinya.
Disajikan teks drama, siswa dapat :
-     menentukan tokoh utama
-     menentukan latar
-     menentukan amanatnya
-     disajikan paragraf yang terdiri 4 kalimat siswa dapat menentukan kalimat utamanya.
-     Disajikan teks percakapan siswa dapat  menyimpulkan isinya.
Disajikan sebuah paragraf siswa dapat :
-     Menyusun pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf.
-     Mengartikan kata sulit dalam kalimat, dan
-     Menentukan antonim salah satu kata yang ada dalam paragraf.
-     Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai ilustrasi yang disajikan.
-     Siswa dapat menentukan ungkapan sesuai ilustrasi yang disajikan.
-     Disajikan pantun siswa dapat  menentukan pesan pesan yang terkandung didalamnya
-     Disajikan 2 teks siswa dapat menentukan persamaanya.
Disajikan jadwal perjalanan  beberapa kendaraaan  berbagai jurusan, siswa dapat :
-     Membuat pernyataan sesuai  jadawal
-     Menentukan kendaraan tertentu yang tepat sesuai dengan tujuan.
-     Disajikan puisi , siswa dapat menentukan maksud yang terkandung di dalamnya.
-     Disajikan cuplikan cerita anak siswa dapat  menyimpulkan isinya.
Disajikan cuplikan laporan siswa dapat ;
-     Menentukan isinya
-     Memperbaiki kalimat yang salah strukturnya
-     Disajikan percakapan dua tiga orang siswa dapat menentukan topiknya.
Disajikan  teks satu paragraf siswa dapat :
-     Menentukan ringkasanya
-     Menentukan temanya
-     Menentukan pesan yang terkandung didalamnya.
Disajikan  puisi pendek, siswa dapat :
-     Menentukan pernyataan sesuai puisi
-     Menentukan makna kata  pada puisi yang disajikan.
2   2. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, daninformasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk pemakaian, surat,pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, dan ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata yangtepat; menulis berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrase, dan pantun

-     Disajikan petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk yang runtut.
-     Disajikan 4 kalimat yang disusun acak siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu.
-     Disajikan dua kalimat tunggal, siswa dapat menggabungkan dengan kata yang tepat.
-     Disajikan kalimat rumpang siswa dapat melengkapi dengan kata hubung yang tepat penulisan.
-     Disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belum lengkap siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang efektif.
-     Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat pada kalimat surat yang disajikan.
-     Disajikan pengumuman  yang belum lengkap siswa dapat melengkapi dengan pilihan kata yang tepat.
-     Disajikan dialog antara dua orang siswa dapat siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
-     Disajikan formulir dan ilustrasi siswa dapat melengkapi formulir sesuai dengan ilustrasi yang disajikan.
Disajikan teks pidato yang belum lengkap siswa dapat
-     Melengkapi dengan kalimat ajakan yang tepat
-     Memperbaiki kalimat yang ejaanya salah.
-     Disajikan surat resmi  yang didalamnya terdapat kata kata yang tidak tepat, siswa dapat memperbaiki dengan kata yang sesuai.
-     Disajikan cuplikan laporan siswa dapat membetulkan ejaan yang salah.
-     Disajikan laporan yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
-     Disajikan sebuah pantun yang belum lengkap, siswa dapt melengkapi kalimat yang tepat.
-     Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat menyusun sebuah paragraf yang sesuai dengan maksud gambar

-     Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.




0 Response to "Soal-soal latihan Ujian Sekolah SD Tahun 2013/2014"

Post a Comment