Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hajar Dewantara ( tugas 1.1.a.9 )


 KONEKSI ANTAR MATERI

KESIMPULAN DAN REFLEKSI PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA



NAMA                                 : AGUS WIDODO, S.Pd.SD

FASILITATOR                    : HERMI KUSWIDIARTI, S.Pd., M.Pd

PENGAJAR PRAKTEK     : SUPARMI, S.Pd


 1.        Apa yang saya percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum saya mempelajari modul 1.1?

Sebelum saya memelajari modul 1.1  Refleksi filosofis Pendidikan Indonesia Ki Hajar dewantara saya beranggapan  bahwa :

a.    Pendidik merupakan pusat pembelajaran, sehingga dalam proses pembelajaran yang paling berperan adalah guru, bukan berpusat pada anak.

b.    Semua anak  harus menyelesaikan materi yang sama tanpa memperhitungkan kemampuan anak.

c.    Semua anak harus menguasai semua mata pelajaran.

d.    Mementingkan kemampuan anak berdasarkan kognitif.

e.    Seorang anak diibaratkan kertas kosong tergantung pendidik yang mengisi kertas kosong tersebut.

2.        Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku saya setelah mempelajari modul ini? 

a.    Pembelajaran harusnya berpusat pada anak,pendidik harus bisa menciptakan pembelajaran yang bisa merangsang anak aktif dalam  belajar.

b.    Semua anak memiliki kodrat masing-masing, pendidik hanyalah sebagai penuntun agar anak menemukan potensinya masing-masing. Dalam menuntun pendidik harus memberikan arahan agar anak tidak salah jalan.

c.    Setiap anak memiliki bakat minat dan keunikannya, oleh sebab itu pendidik harus menuntun anak agar anak menemukan dan memperkuat bakat, minat dan keunikkannya tersebut.

d.    Seorang anak ibarat sehelai kertas yang sudah ada tulisannya namun masih samar-samar, pendidik bertugas menebalkan tulisan tersebut agar baik dan agar kelak memiliki budi pekerti yang luhur.

e.    Kodrat anak adalah bermain, sebagai pendidik harus bisa menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bisa berupa ice breking ataupun permainan-permainan Tradisional.

f.     Dalam proses pembelajaran harus menanamkan nilai-nilai  pada 6 dimensi Profil Pelajar Pancasila.


g.    Sesuai semboyan Ki Hajar Dewantara ing Ngarso Sung Tulodha, ing madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. Sebagai pendidik harus menjadi teladan, di tengah memberi semangat  dan dibelakang memberikan dorongan.

3.        Apa yang bisa segera saya terapkan lebih baik agar kelas saya mencerminkan pemikiran KHD?  

a.    Menanamkan nilai-nilai karakter pada  anak sesuai 6 dimensi profil pelajar Pancasila.

b.    Memberi keteladan yang baik kepada anak.

c.    Menciptakan pembelajaran disesuaikan dengan kemampuan anak.

d.    Menciptakan pembelajaran yang menyenangkan melalui permainan atau ice breking.

e.    Menciptakan pembelajaran yang merangsang anak aktif dalam belajaar.


0 Response to "Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hajar Dewantara ( tugas 1.1.a.9 )"

Post a Comment