KONEKSI ANTAR MATERI
KESIMPULAN DAN REFLEKSI PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA
NAMA : AGUS WIDODO, S.Pd.SD
FASILITATOR : HERMI KUSWIDIARTI, S.Pd., M.Pd
PENGAJAR PRAKTEK : SUPARMI, S.Pd
Sebelum saya memelajari modul 1.1 Refleksi
filosofis Pendidikan Indonesia Ki Hajar dewantara saya beranggapan bahwa :
a. Pendidik merupakan pusat pembelajaran, sehingga dalam proses pembelajaran
yang paling berperan adalah guru, bukan berpusat pada anak.
b. Semua anak harus menyelesaikan
materi yang sama tanpa memperhitungkan kemampuan anak.
c. Semua anak harus menguasai semua mata pelajaran.
d. Mementingkan kemampuan anak berdasarkan kognitif.
e. Seorang anak diibaratkan kertas kosong tergantung pendidik yang mengisi
kertas kosong tersebut.
2. Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku saya setelah mempelajari modul ini?
a.
Pembelajaran
harusnya berpusat pada anak,pendidik harus bisa menciptakan pembelajaran yang
bisa merangsang anak aktif dalam
belajar.
b.
Semua anak
memiliki kodrat masing-masing, pendidik hanyalah sebagai penuntun agar anak
menemukan potensinya masing-masing. Dalam menuntun pendidik harus memberikan
arahan agar anak tidak salah jalan.
c.
Setiap anak
memiliki bakat minat dan keunikannya, oleh sebab itu pendidik harus menuntun
anak agar anak menemukan dan memperkuat bakat, minat dan keunikkannya tersebut.
d.
Seorang anak
ibarat sehelai kertas yang sudah ada tulisannya namun masih samar-samar,
pendidik bertugas menebalkan tulisan tersebut agar baik dan agar kelak memiliki
budi pekerti yang luhur.
e.
Kodrat anak
adalah bermain, sebagai pendidik harus bisa menciptakan pembelajaran yang
menyenangkan bisa berupa ice breking ataupun permainan-permainan Tradisional.
f. Dalam proses pembelajaran harus menanamkan
nilai-nilai pada 6 dimensi Profil
Pelajar Pancasila.
g. Sesuai semboyan Ki Hajar Dewantara ing Ngarso Sung Tulodha, ing madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. Sebagai pendidik harus menjadi teladan, di tengah memberi semangat dan dibelakang memberikan dorongan.
3.
Apa yang bisa segera
saya terapkan lebih baik agar kelas saya mencerminkan pemikiran KHD?
a. Menanamkan nilai-nilai karakter pada anak sesuai 6 dimensi profil pelajar
Pancasila.
b. Memberi keteladan yang baik kepada anak.
c. Menciptakan pembelajaran disesuaikan dengan kemampuan anak.
d. Menciptakan pembelajaran yang menyenangkan melalui permainan atau ice
breking.
e. Menciptakan pembelajaran yang merangsang anak aktif dalam belajaar.
0 Response to "Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hajar Dewantara ( tugas 1.1.a.9 )"
Post a Comment