RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH : ..................................................
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS / SEMESTER : VI / 1
ALOKASI WAKTU :
2 X 35 menit
HARI / TANGGAL : ..............................................
I.
Standart Kompetensi :
2. Memahami
cara perkembangbiakan makhluk hidup
II.
Kompetensi Dasar
2.3.
Mengidentifikasi
cara perkembang-biakan tumbuhan dan hewan.
III.
Indikator
-
Menjelaskan
perkembang-biakan tumbuhan secara generatif .
-
Menjelaskan
perkembang-biakan tumbuhan secara generatif .
-
Menyebutkan cara perkem-bangbiakan
tumbuhan (vegetatif dan generatif).
IV.
Tujuan Pembelajaran.
- Melalui diskusi dan pengamatan siswa dapat menjelaskan perkembangbiakan
tumbuhan secara generatif dengan benar.
- Melalui diskusi dan pengamatan siswa dapat menjelaskan perkembangbiakan
tumbuhan secara vegetatif dengan benar.
- Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan cara perkembangbiakan
tumbuhan dengan benar.
V.
Materi Pokok.
Perkembangbiakan pada Tumbuhan.
VI. Model dan Metode Pembelajaran
a. Model pembelajaran
Kooperatif Type STAD
b. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya Jawab
- Diskusi
VII. Skenario Pembelajaran
No
|
Uraian
|
Pengorganisasian
|
|
Karakter
|
waktu
|
||
1.
|
Kegiatan Awal
|
||
· Salam
· Berdoa
· presensi
· Appersepsi
· Tanya jawab
tentang pelajaran yang lalu.
· Tanya jaaawab
tentang tumbuhan yang ada disekitarnya.
· Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
Relegius
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
|
||
· Eksplorasi
·
Siswa memperhatikan gambar bagian – bagian bunga.
·
Siswa menjelaskan bagian – bagian bunga.
·
Siswa menjelaskan fungsi bagian – bagian bunga.
·
Siswa menjelaskan proses penyerbukan.
· Elaborasi
·
Siswa membagi kelompok, masing masing kelompok 3-4
orang.
·
Membagikan lembar kerja kelompok.
·
Menjelaskan cara kerja kelompok.
·
Siswa diskusi di kelompoknya masing-masing.
·
Guru mengamati dan membimbing jalanya diskusi.
·
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja
kelompok.
·
Kelompok lain menanggapi.
·
Memberi penguatan dari hasil kerja kelompok
· Konfirmasi
·
Siswa dan guru membuat rangkuman dari hasil pembelajaran kelompok.
|
|||
3.
|
Kegiatan Akhir
·
Evaluasi
·
Refleksi
·
Tindak lanjut
-
Memberi PR
|
VIII. Media dan sumber pembelajaran
a. Media pembelajaran
- LCD Proyektor
- Gambar bagian-bagian bunga
- Berbagai jenis tumbuhan
b. Sumber belajar
- Yayat Ibayati, Sri Anggraeni, Lilis.2008.Ilmu Pengetahuan Alam SD
Kelas VI.Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
IX. Penilaian
a.
Proses : Dilaksanakan pada proses
pembelajaran
b.
Hasil : dilaksanakan pada Akhir pembelajaran
Mengetahui,
Kepala SDN ..............................
................................................
NIP : .................................
|
.......................l, .................................2012
Guru Kelas VI
...............................................
NIP : ..............................................
|
Lampiran :
1.
Rangkuman Materi
2.
Lembar kegiatan kelompok
3.
Soal, kunci jawaban, pedoman
penskoran
4.
Lembar pengamatan
5.
Rubrik penilaian
1.
RANGKUMAN MATERI
Perkembangbiakan pada tumbuhan :
1.
Secara
Generatif
Perkembangbiakan
generatif pada tumbuhan adalah terjadinya tumbuhan baru yang didahului dengan penyerbukan. Penyerbukan
merupakan peristiwa jatuhnya serbuk sari yang mengandung sel kelamin jantan ke
kepala putik yangmengandung sel kelamin betina.
Benang sari adalah alat kelamin jantan, putik adalah alat
kelamin betina.
Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dengan
penyerbukan,yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Setelah
terjadi penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju
ruang bakal biji. Kemudian sel kelamin jantan atau spermatozoid masuk ke ruang
bakal biji melalui buluh serbuk sari. Di dalam ruang bakal biji terjadi
pembuahan, yaitu peleburan sel kelamin atau spermatozoid dengan sel kelamin
betina atau sel telur. Hasil dari pembuahan adalah zigot. Zigot berkembang
menjadi lembaga, bakal biji berkembang menjadi biji dan bakal buah berkembang
menjadi daging buah. Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan
baru.
2.
Secara
vegetatif
a. Vegetatif alami
Perkembangbiakan
vegetatif alami adalah perkembangbiakan secara tidak kawin pada tumbuhan yang
terjadi dengan sendirinya tanpa bantuan
Manusia. Macam-macam perkembangbiakan vegetatif alami, antara
lain menggunakan umbi lapis, umbi batang, umbi akar,akar tinggal, geragih, tunas,
tunas adventif.
b. Vegetatif Buatan
Perkembangbiakan
vegetatif buatan adalah perkembangbiakan secara
tidak kawin pada
tumbuhan yang sengaja di lakukan oleh manusia atau
dengan bantuan manusia.
Macam-macam perkembangbiakan vegetatif
buatan, antara lain
mencangkok, menempel (okulasi), menyambung/
mengenten,
stek, dan merunduk.
LEMBAR KEGIATAN
KELOMPOK
MATA PELAJARAN :
...........................
HARI/TANGGAL :............................
ALOKASI WAKTU :
............................
NAMA ANGOTA KELOMPOK :
1.
...............................................
2.
...............................................
3.
...............................................
4.
..............................................
PETUNJUK
-
Diskusikan soal-soal di bawah ini bersama
kelompokmu !
1.
Jelaskan perbedaan perkembangbiakan tumbuhan
secara generatif dengan vegetatif !
2.
Jelaskan proses perkembangbiakan tumbuhan secara
generatif !
3.
Lengkapi tabel di bawah ini !
No
|
Cara berkembangbiak
|
Contoh tumbuhan
|
1.
|
Rizoma
|
|
2.
|
Umbi Batang
|
|
3.
|
Umbi lapis
|
|
4.
|
Tunas
|
|
5.
|
Geragih
|
|
Nilai = jml skor x 100
Skor maksimal
Lembar Pengamatan
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Jml Skor
|
||||||||
kerjasama
|
Keaktifan
|
ketepatan
|
|||||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
|||
Rubrik
Penilaian
Kerjasama
3 jika siswa kerjasama tanpa bimbingan guru
2 jika siswa melakukan kerja sama dengan bimbingan guru
1 siswa pasif
Keaktifan
3 jika siswa aktif melaksanakan tugas tanpa bimbingan guru
2 jika siswa aktif melaksanakan tugas dengan bimbingan guru
1 jika siswa pasif
Ketepatan
3 jika jawaban siswa benar
2 jika jawaban siswa kurang tepat
1 jiuka jawaban siswa salah
Nilai = jml skor x 100
Skor maksimal
Evaluasi
Nama :
....................................
Mata pelajaran :
....................................
Kelas/semester :
....................................
Hari/Tgl :
....................................
I.
Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. perhatikan gambar dibawah ini
dari gambar diatas kepala putik ditunjukaan huruf.....
2. Bagian
bunga yang berfungsi menarik serangga untuk membantu proses penyerbukan adalah
ditunjukkan huruf ..........
3. bertemunya serbuk sari dan kepala putik
disebut ................
34. sel kelamin jantan pada bunga disebut...........sedangkan sel kelamin
betina pada bunga disebut..........
5. Perkembangbiakan yang
terjadi tanpa proses perkawinan disebut perkembangbiakan secara.............
6. gambar tumbuhan diatas berkembangbiak secara..........
7. Jahe dan kunyit berkembangbiak
dengan cara ..............
8. Singkong berkembang biak dengan ...............
8. Singkong berkembang biak dengan ...............
9 Bawang merah dan putih
berkembangbiak dengan........
410.Stroberi berkembangbiak
dengan...........
Kunci jawaban
1 1. A
2. B
3 3. Penyerbukan
4 4. Benang
sari , putik
5 5. Vegetatif
6 6. Tunas
7 7. Rizoma
8 8. Aumbi
akar
9 9. Umbi
lapis
1 10. geragih
0 Response to "Contoh RPP"
Post a Comment