Contoh RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH          : ..................................................
MATA PELAJARAN      : IPA
KELAS / SEMESTER     : VI / 1
ALOKASI  WAKTU        : 2 X 35 menit
HARI / TANGGAL          :  ..............................................

I.       Standart Kompetensi :
  2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup

II.      Kompetensi Dasar
2.3.              Mengidentifikasi cara perkembang-biakan tumbuhan dan hewan.

III.    Indikator
-     Menjelaskan perkembang-biakan tumbuhan secara generatif .
-     Menjelaskan perkembang-biakan tumbuhan secara generatif .
-     Menyebutkan cara perkem-bangbiakan tumbuhan (vegetatif dan generatif).

IV.   Tujuan Pembelajaran.
-     Melalui diskusi dan pengamatan  siswa dapat menjelaskan perkembangbiakan tumbuhan secara generatif dengan benar.
-     Melalui diskusi dan pengamatan siswa dapat menjelaskan perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif dengan benar.
-     Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan cara perkembangbiakan tumbuhan dengan benar.

V.     Materi Pokok.
Perkembangbiakan pada Tumbuhan.

VI.   Model dan Metode Pembelajaran

a.    Model pembelajaran
Kooperatif Type STAD
b.    Metode Pembelajaran
-     Ceramah
-     Tanya Jawab
-     Diskusi




VII.  Skenario  Pembelajaran

No
Uraian
Pengorganisasian
Karakter
waktu
1.
       Kegiatan Awal



·      Salam
·      Berdoa
·      presensi
·      Appersepsi
·      Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu.
·      Tanya jaaawab tentang tumbuhan yang ada disekitarnya.
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran


Relegius

2.
Kegiatan Inti



·      Eksplorasi
·         Siswa memperhatikan gambar bagian – bagian bunga.
·         Siswa menjelaskan  bagian – bagian bunga.
·         Siswa menjelaskan fungsi bagian – bagian bunga.
·         Siswa menjelaskan proses penyerbukan.

·      Elaborasi
·         Siswa membagi kelompok, masing masing kelompok 3-4 orang.
·         Membagikan lembar kerja kelompok.
·         Menjelaskan cara kerja kelompok.
·         Siswa diskusi di kelompoknya masing-masing.
·         Guru mengamati dan membimbing  jalanya diskusi.
·         Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok.
·         Kelompok lain menanggapi.
·         Memberi penguatan dari hasil kerja kelompok
·      Konfirmasi
·         Siswa dan guru membuat  rangkuman dari hasil pembelajaran kelompok.



3.
Kegiatan Akhir
·         Evaluasi
·         Refleksi
·         Tindak lanjut
-       Memberi PR




VIII. Media dan sumber pembelajaran
a.    Media pembelajaran
-       LCD Proyektor
-       Gambar bagian-bagian bunga
-       Berbagai jenis tumbuhan
b.    Sumber belajar
-       Yayat Ibayati, Sri Anggraeni, Lilis.2008.Ilmu Pengetahuan Alam SD Kelas VI.Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
IX.   Penilaian
a.     Proses : Dilaksanakan pada proses pembelajaran
b.    Hasil  : dilaksanakan pada Akhir pembelajaran



Mengetahui,
Kepala SDN ..............................



................................................
NIP : .................................
.......................l, .................................2012
Guru Kelas VI



...............................................
NIP : ..............................................




Lampiran :
1.    Rangkuman  Materi
2.    Lembar kegiatan kelompok
3.    Soal, kunci jawaban, pedoman penskoran
4.    Lembar pengamatan
5.    Rubrik penilaian













1.        RANGKUMAN MATERI

Perkembangbiakan pada tumbuhan :
1.      Secara Generatif
 Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan adalah terjadinya tumbuhan baru yang   didahului dengan penyerbukan. Penyerbukan merupakan peristiwa jatuhnya serbuk sari yang mengandung sel kelamin jantan ke kepala putik yangmengandung sel kelamin betina.
Benang sari adalah alat kelamin jantan, putik adalah alat kelamin betina.
Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan,yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ruang bakal biji. Kemudian sel kelamin jantan atau spermatozoid masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari. Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan, yaitu peleburan sel kelamin atau spermatozoid dengan sel kelamin betina atau sel telur. Hasil dari pembuahan adalah zigot. Zigot berkembang menjadi lembaga, bakal biji berkembang menjadi biji dan bakal buah berkembang menjadi daging buah. Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru.
2.      Secara vegetatif
a.      Vegetatif alami
Perkembangbiakan vegetatif alami adalah perkembangbiakan secara tidak kawin pada tumbuhan yang terjadi dengan sendirinya tanpa bantuan
Manusia. Macam-macam perkembangbiakan vegetatif alami, antara lain menggunakan umbi lapis, umbi batang, umbi akar,akar tinggal, geragih, tunas, tunas adventif.
b.      Vegetatif Buatan
Perkembangbiakan vegetatif buatan adalah perkembangbiakan secara
tidak kawin pada tumbuhan yang sengaja di lakukan oleh manusia atau
dengan bantuan manusia. Macam-macam perkembangbiakan vegetatif
buatan, antara lain mencangkok, menempel (okulasi), menyambung/
mengenten, stek, dan merunduk.












LEMBAR KEGIATAN KELOMPOK

MATA PELAJARAN           : ...........................
HARI/TANGGAL                 :............................
ALOKASI WAKTU             : ............................

NAMA ANGOTA KELOMPOK :
1.       ...............................................
2.       ...............................................
3.       ...............................................
4.       ..............................................
PETUNJUK
-        Diskusikan soal-soal di bawah ini bersama kelompokmu !

1.       Jelaskan perbedaan perkembangbiakan tumbuhan secara generatif dengan vegetatif !
2.       Jelaskan proses perkembangbiakan tumbuhan secara generatif !
3.       Lengkapi tabel di bawah ini !


No
Cara berkembangbiak
Contoh tumbuhan
1.
Rizoma




2.
Umbi Batang




3.
Umbi lapis




4.
Tunas




5.
Geragih









Nilai =     jml skor                x 100
                Skor maksimal






Lembar Pengamatan


No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jml Skor
kerjasama
Keaktifan
ketepatan
3
2
1
3
2
1
3
2
1






















































































Rubrik Penilaian

Kerjasama
3 jika siswa kerjasama tanpa bimbingan guru
2 jika siswa melakukan kerja sama dengan bimbingan guru
1 siswa pasif
Keaktifan
3 jika siswa aktif melaksanakan tugas tanpa bimbingan guru
2 jika siswa aktif melaksanakan tugas dengan bimbingan guru
1 jika siswa pasif
Ketepatan
3 jika jawaban siswa benar
2 jika jawaban siswa kurang tepat
1 jiuka jawaban siswa salah

Nilai =     jml skor                x 100
                Skor maksimal



Evaluasi

Nama                               : ....................................
Mata pelajaran                 : ....................................
Kelas/semester                 : ....................................
Hari/Tgl                            : ....................................


I.      Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !

1. perhatikan gambar dibawah ini











      dari gambar diatas kepala putik ditunjukaan huruf.....

      
  2. Bagian bunga yang berfungsi menarik serangga untuk membantu proses penyerbukan adalah ditunjukkan huruf ..........
  3.  bertemunya serbuk sari dan kepala putik disebut ................
34.  sel kelamin jantan pada bunga  disebut...........sedangkan sel kelamin betina pada bunga disebut..........
  5. Perkembangbiakan yang terjadi tanpa proses perkawinan disebut perkembangbiakan secara.............





   










  6. gambar tumbuhan diatas berkembangbiak secara..........

  7. Jahe dan kunyit berkembangbiak dengan cara ..............
  8. Singkong berkembang biak dengan ...............
  9    Bawang merah dan putih berkembangbiak dengan........
410.Stroberi berkembangbiak dengan...........


Kunci jawaban

1 1. A
   2.  B
3 3. Penyerbukan
4 4. Benang sari             ,          putik
5 5. Vegetatif
6 6. Tunas
7 7. Rizoma
8 8. Aumbi akar
9 9. Umbi lapis
1 10. geragih








0 Response to "Contoh RPP"

Post a Comment