Dalam keseharian kita
dalam melaksanakan kegiatan sebagai seorang guru tentunya kita akan sering
berhaadapan dengan permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan siswa
ataupun dengan rekan guru. Sebagai seorang guru sekaligus Seorang
pemimpin pembelajaran diharapkan mampu melakukan pengambilan keputusan
berdasarkan prinsip pemimpin pembelajaran, mampu menyadari dan menggunakan
prinsip moral dalam melakukan pengambilan keputusan dan mampu menerapkan
strategi untuk menghindari adanya isu kode etik kepemimpinan sekolah dan
konflik kepentingan.
Guru
sebagai pemimpin pembelajaran diharapkan:
- Dapat
melakukan praktik keputusan yang berdasarkan prinsip pemimpin
pembelajaran.
- Dapat
mengidentifikasi jenis-jenis paradigma dilema etika yang dihadapi oleh
dirinya sendiri maupun orang lain dan mampu bersikap reflektif, kritis,
kreatif, dan terbuka dalam menganalisis dilema tersebut.
- Dapat
memilih dan memahami 3 (tiga) prinsip yang dapat dilakukan untuk membuat
keputusan dalam dilema pengambilan keputusan.
- Dapat
menerapkan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan yang diambil
dalam dilema pengambilan keputusan dan bersikap reflektif, kritis, dan
kreatif dalam proses tersebut.
1.
Perbedaan Bujukan Moral dan Dilema Etika
Dalam pengambilan keputusan ada dua hal yang
terjadi yaitu bujukan moral dan dilema etika. Nah apakah perbedaan keduanya
itu?
- Bujukan
moral atau benar vs salah adalah sebuah situasi yang terjadi dimana
seseorang dihadapkan pada situasi benar atau salah dalam mengambil sebuah
keputusan.
- Dilema
etika atau benar vs benar adalah sebuah situasi yang terjadi dimana
seseorang dihadapkan pada situasi keduanya benar namun bertentangan dalam
mengambil sebuah keputusan.
2.
Empat Paradigma dalam Pengambilan Keputusan
Secara umum ada pola, model, atau paradigma
yang terjadi pada situasi dilema etika yang bisa dikategorikan seperti di bawah
ini.
- Individu
lawan masyarakat (individual vs community)
- Rasa
keadilan lawan rasa kasihan (justice vs mercy)
- Kebenaran
lawan kesetiaan (truth vs loyalty)
- Jangka
pendek lawan jangka panjang (short term vs long term)
3.
Tiga Prinsip dalam Pengambilan Keputusan
Dalam pengambilan sebuah keputusan ada tiga
prinsip yang melandasinya. Ketiga prinsip ini yang seringkali membantu dalam
menghadapi pilihan-pilihan yang penuh tantangan, yang harus dihadapi pada dunia
saat ini. (Kidder, 2009, hal 144). Ketiga prinsip tersebut yaitu.
- Berpikir
Berbasis Hasil Akhir (Ends-Based Thinking)
- Berpikir
Berbasis Peraturan (Rule-Based Thinking)
- Berpikir
Berbasis Rasa Peduli (Care-Based Thinking)
4.
9 langkah Pengambilan dan Pengujian Keputusa
Di bawah ini adalah 9 langkah yang telah
disusun untuk memandu Anda dalam mengambil dan menguji keputusan dalam situasi
dilema etika yang membingungkan karena adanya beberapa nilai-nilai yang bertentangan.
- Mengenali
bahwa ada nilai-nilai yang saling bertentangan dalam situasi ini.
- Menentukan
siapa yang terlibat dalam situasi ini.
- Kumpulkan
fakta-fakta yang relevan dengan situasi ini.
- Pengujian
benar atau salah. Ada uji legal, uji regulasi, uji intuisi, uji halaman
depan koran, dan uji panutan/idola.
- Pengujian
Paradigma Benar lawan Benar.
- Melakukan
Prinsip Resolusi.
- Investigasi
Opsi Trilema.
- Buat
Keputusan.
- Lihat
lagi Keputusan dan Refleksikan.
TUGAS DEMONSTRASI
KONTEKSTUAL MODUL 3.1.A.7
1.
Bagaimana Anda nanti akan mentransfer dan
menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di program guru penggerak ini di
sekolah/lingkungan asal Anda?
cara
yang akan saya lakukan dalam mentransfer
dan membagikan pengetahuan yang telah saya dapatkan dalam program guru
penggerak ini yaitu:
-
Mensosialisasikan materi-materi program guru
penggerak yang telah didapatkan melalui rapat dewan guru SD Negeri Ngiliran.
-
Mensosialisasikan materi-materi program guru
penggerak melalui tulisan-tulisan di blog admin yaitu gusafira.blogspot.com.
2.
Apa langkah-langkah awal yang akan Anda
lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?
Langkah awal
yang akan saya lakukan adalah
-
Mengidentifikasi nilai-nilai yang bertentangan,Siapa
saja yang terlibat, Fakta-fakta apa saja yang ada dalam kasus tersebut.
-
Melakukan uji coba : uji legal, uji regulasi dan uji
intuisi
-
Menentukan paradigma
-
Menentukan
prinsip dilema etika
-
Memikirkan keputusan kreatif
-
Mengambil keputusan
-
Merefleksikan keputusan
3.
Mulai kapan Anda akan menerapkan
langkah-langkah tersebut, hari ini, besok, minggu depan, hari apa? Catat
rencana Anda, sehingga Anda tidak lupa.
Saya
akan menerapkan langkah-langkah tersebut ketika saya / teman sejaawat mengalami
kasus dilema etika
4.
Siapa yang akan menjadi pendamping Anda,
dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran?
Seseorang yang akan menjadi teman diskusi Anda untuk menentukan apakah
langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan efektif.
Yang menjadi pendamping saya dalam
menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran adalah teman
sejawat, teman-teman CGP dan pengajar praktek.
0 Response to "3.1.a.7. Demontrasi Kontekstual -Pengambilan Keputusan sebagai pemimpin pembelajaran."
Post a Comment