1
|
Ciri
makhluk hidup
dan
penggolongan
hewan
|
· Mengidentifikasi
ciri khusus tumbuhan
yang
hidup di lingkungan tertentu.
· Menjelaskan
fungsi bentuk luar tubuh
hewan
yang merupakan ciri khusus dari
hewan
tersebut.
· Menentukan
dasar pengelompokan
hewan.
· Menggolongkan
hewan berdasarkan jenis
makanannya
yang disajikan dalam
gambar.
· Menunjukkan
pasangan yang tepat
antara
nama hewan dengan jenis
makanannya yang disajikan dalam tabel.
|
2
|
Hubungan
antarmakhluk
hidup
dalam
ekosistem
|
· Mengidentifikasi
rantai makanan pada
ekosistem
tertentu.
· Menentukan
organisme yang dapat
menduduki
bagian pada rantai makanan
yang
tidak lengkap.
· Menentukan
peran organisme tertentu
dalam
suatu rantai makanan yang
disajikan
dalam gambar.
· Memprediksi
perubahan yang terjadi
pada ekosistem tertentu bila salah satu
komponen
dalam rantai makanan punah
atau
berkembang dengan pesat.
· Memberikan
contoh hubungan yang erat
antarmakhluk
hidup (simbiosis).
· Menjelaskan
alasan terjadinya hubungan
antarmakhluk
hidup pada suatu
ekosistem
berdasarkan ilustrasi contoh
yang diberikan.
|
3
|
Perkembangbiakan
dan
penyesuaian
diri
makhluk
hidup
|
· Menentukan
cara perkembangbiakan
tumbuhan
tertentu yang disajikan dalam
gambar.
· Memberikan
contoh tumbuhan yang
dapat
dikembangbiakkan dengan cara
vegetatif
buatan/alami.
· Memberikan
dua contoh hewan yang
berkembang
biak dengan cara tertentu.
· Menentukan
pasangan yang tepat antara
jenis
tumbuhan/hewan dengan cara
perkembangbiakannya
yang disajikan
dalam
tabel.
· Mengidentifikasi
cara hewan tertentu
menyesuaikan
diri terhadap
lingkungannya
berdasarkan ilustrasi.
· Menjelaskan
tujuan hewan/tumbuhan
menyesuaikan
diri dengan cara tertentu.
· Menunjukkan
pasangan yang tepat
antara
nama hewan/tumbuhan dan cara
adaptasinya.
|
Pelestarian
lingkungan
|
· Menjelaskan
cara melestarikan
lingkungan
berdasarkan kasus tentang
kondisi
lingkungan di suatu daerah.
· Menjelaskan
manfaat pelestarian
lingkungan.
· Menjelaskan
akibat dari kegiatan
manusia
yang dapat mempengaruhi
keseimbangan
lingkungan berdasarkan
ilustrasi
yang disajikan.
· Menjelaskan
cara mencegah terjadinya
erosi,
abrasi, banjir, dll.
|
|
Bagian
tubuh
tumbuhan/hewan
dan
fungsinya
|
· Menjelaskan
fungsi bagian tubuh
tumbuhan/hewan.
· Menjelaskan
manfaat bagian tubuh
tumbuhan/hewan
tertentu bagi
kehidupan
manusia.
· Mengidentifikasi
hewan yang mengalami
daur
hidup seperti tampak pada
gambar/diagram.
· Menentukan
salah satu tahapan daur
hidup
hewan tertentu yang merugikan
atau
menguntungkan manusia
berdasarkan
ilustrasi.
|
|
Rangka
manusia
|
· Menentukan
jenis sendi yang disajikan
dalam
gambar.
· Menentukan
arah gerak sendi yang
disajikan
dalam gambar.
· Menjelaskan
fungsi bagian rangka yang
disajikan
dalam gambar.
|
|
Sistem
organ pada
manusia
|
· Menjelaskan
fungsi bagian indera
pendengaran
yang ditunjuk dalam
gambar.
· Menjelaskan
fungsi bagian yang ditunjuk
pada
gambar sistem pernapasan.
· Menentukan
jenis penyakit yang
disebabkan
adanya gangguan pada organ
tertentu
.
· Menjelaskan
fungsi organ pada manusia.
|
|
Benda
|
· Menyebutkan
jenis gaya dalam kegiatan
sehari-hari
berdasarkan gambar.
· Menyebutkan
contoh kegiatan yang
menunjukkan
gaya dapat mengubah
gerak,
arah , atau bentuk benda.
|
|
Bentuk
energi dan
perubahannya
|
· Menentukan
bentuk energi pada
alat/benda
saat digunakan berdasarkan
gambar.
· Menentukan
alat-alat yang mempunyai
perubahan
energi yang sama dari
beberapa
gambar alat yang disajikan.
· Menunjukkan
gambar benda atau
kegiatan
yang memanfaatkan energi
|
|
alternatif
tertentu dalam kehidupan
sehari-hari.
· Menentukan
cara menghemat energi
berdasarkan
ilustrasi tentang kelangkaan
energi.
|
||
Suhu dan
kalor
|
· Menjelaskan
penerapan kegiatan yang
berkaitan
dengan pemuaian/penyusutan.
· Menyebutkan
penggunaan benda
berdasarkan
sifat hantaran panas.
· Menentukan
benda-benda yang termasuk
isolator/konduktor
panas.
· Menyebutkan
contoh perpindahan panas
dalam
kehidupan sehari- hari.
|
|
Bunyi dan
cahaya
|
· Menyebutkan
benda-benda yang dapat
menyerap
bunyi untuk mencegah gaung.
· Menentukan
alat musik yang dibunyikan
dengan
cara tertentu (misal digesek,
ditiup,
dipukul, dipetik, digetarkan).
· Menentukan
arah bayangan benda jika
posisi
sumber cahaya diubah
berdasarkan
gambar.
· Menjelaskan
sifat cahaya yang terjadi
berdasarkan
ilustrasi suatu
kegiatan/gambar.
|
|
Listrik
dan magnet
|
· Menentukan
saklar-saklar yang harus
diputus/disambung
sehingga beberapa
lampu
menyala/mati, bila diberikan
gambar
rangkaian listrik yang terdiri atas
beberapa
lampu dan dua saklar.
· Menentukan
cara
|
|
Sumber
daya alam
|
· Menjelaskan
manfaat salah satu jenis
sumber
daya alam berdasarkan gambar.
· Menentukan
beberapa sumber daya alam
yang
dapat diperbaharui atau tidak dapat
diperbaharui.
· Menjelaskan
dampak pengambilan bahan
alam
terhadap pelestarian lingkungan
|
|
Daur air
|
· Menentukan
tahapan daur air
berdasarkan
gambar.
· Menjelaskan
kegiatan manusia yang
dapat
mempengaruhi daur air.
|
|
Sistem
tata surya
|
· Menjelaskan
akibat gerakan bumi/ bulan
terhadap
matahari.
· Mengidentifikasi
gambar terjadinya
gerhana
matahari/bulan.
· Menentukan
nama planet yang ditunjuk
pada
gambar sistem tata surya.
· Menentukan
nama planet berdasarkan
ciri-cirinya.
· Menjelaskan
dasar perhitungan kalender
Masehi
atau Hijriah.
|
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Response to "Rangkuman Materi Ujian Sekolah SD Tahun pelajaran 2015/2016"
Post a Comment