Rangkuman Materi Ujian Sekolah SD Tahun pelajaran 2015/2016

1
Ciri makhluk hidup
dan
penggolongan
hewan
· Mengidentifikasi ciri khusus tumbuhan
yang hidup di lingkungan tertentu.
· Menjelaskan fungsi bentuk luar tubuh
hewan yang merupakan ciri khusus dari
hewan tersebut.
· Menentukan dasar pengelompokan
hewan.
· Menggolongkan hewan berdasarkan jenis
makanannya yang disajikan dalam
gambar.
· Menunjukkan pasangan yang tepat
antara nama hewan dengan jenis
makanannya yang disajikan dalam tabel.
2
Hubungan
antarmakhluk
hidup dalam
ekosistem
· Mengidentifikasi rantai makanan pada
ekosistem tertentu.
· Menentukan organisme yang dapat
menduduki bagian pada rantai makanan
yang tidak lengkap.
· Menentukan peran organisme tertentu
dalam suatu rantai makanan yang
disajikan dalam gambar.
· Memprediksi perubahan yang terjadi
pada ekosistem tertentu bila salah satu
komponen dalam rantai makanan punah
atau berkembang dengan pesat.
· Memberikan contoh hubungan yang erat
antarmakhluk hidup (simbiosis).
· Menjelaskan alasan terjadinya hubungan
antarmakhluk hidup pada suatu
ekosistem berdasarkan ilustrasi contoh
yang diberikan.
3
Perkembangbiakan
dan
penyesuaian diri
makhluk hidup
· Menentukan cara perkembangbiakan
tumbuhan tertentu yang disajikan dalam
gambar.
· Memberikan contoh tumbuhan yang
dapat dikembangbiakkan dengan cara
vegetatif buatan/alami.
· Memberikan dua contoh hewan yang
berkembang biak dengan cara tertentu.
· Menentukan pasangan yang tepat antara
jenis tumbuhan/hewan dengan cara
perkembangbiakannya yang disajikan
dalam tabel.
· Mengidentifikasi cara hewan tertentu
menyesuaikan diri terhadap
lingkungannya berdasarkan ilustrasi.
· Menjelaskan tujuan hewan/tumbuhan
menyesuaikan diri dengan cara tertentu.
· Menunjukkan pasangan yang tepat
antara nama hewan/tumbuhan dan cara
adaptasinya.

Pelestarian
lingkungan
· Menjelaskan cara melestarikan
lingkungan berdasarkan kasus tentang
kondisi lingkungan di suatu daerah.
· Menjelaskan manfaat pelestarian
lingkungan.
· Menjelaskan akibat dari kegiatan
manusia yang dapat mempengaruhi
keseimbangan lingkungan berdasarkan
ilustrasi yang disajikan.
· Menjelaskan cara mencegah terjadinya
erosi, abrasi, banjir, dll.

Bagian tubuh
tumbuhan/hewan
dan fungsinya
· Menjelaskan fungsi bagian tubuh
tumbuhan/hewan.
· Menjelaskan manfaat bagian tubuh
tumbuhan/hewan tertentu bagi
kehidupan manusia.
· Mengidentifikasi hewan yang mengalami
daur hidup seperti tampak pada
gambar/diagram.
· Menentukan salah satu tahapan daur
hidup hewan tertentu yang merugikan
atau menguntungkan manusia
berdasarkan ilustrasi.

Rangka manusia
· Menentukan jenis sendi yang disajikan
dalam gambar.
· Menentukan arah gerak sendi yang
disajikan dalam gambar.
· Menjelaskan fungsi bagian rangka yang
disajikan dalam gambar.

Sistem organ pada
manusia
· Menjelaskan fungsi bagian indera
pendengaran yang ditunjuk dalam
gambar.
· Menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk
pada gambar sistem pernapasan.
· Menentukan jenis penyakit yang
disebabkan adanya gangguan pada organ
tertentu .
· Menjelaskan fungsi organ pada manusia.

Benda
· Menyebutkan jenis gaya dalam kegiatan
sehari-hari berdasarkan gambar.
· Menyebutkan contoh kegiatan yang
menunjukkan gaya dapat mengubah
gerak, arah , atau bentuk benda.

Bentuk energi dan
perubahannya
· Menentukan bentuk energi pada
alat/benda saat digunakan berdasarkan
gambar.
· Menentukan alat-alat yang mempunyai
perubahan energi yang sama dari
beberapa gambar alat yang disajikan.
· Menunjukkan gambar benda atau
kegiatan yang memanfaatkan energi


alternatif tertentu dalam kehidupan
sehari-hari.
· Menentukan cara menghemat energi
berdasarkan ilustrasi tentang kelangkaan
energi.

Suhu dan kalor
· Menjelaskan penerapan kegiatan yang
berkaitan dengan pemuaian/penyusutan.
· Menyebutkan penggunaan benda
berdasarkan sifat hantaran panas.
· Menentukan benda-benda yang termasuk
isolator/konduktor panas.
· Menyebutkan contoh perpindahan panas
dalam kehidupan sehari- hari.

Bunyi dan cahaya
· Menyebutkan benda-benda yang dapat
menyerap bunyi untuk mencegah gaung.
· Menentukan alat musik yang dibunyikan
dengan cara tertentu (misal digesek,
ditiup, dipukul, dipetik, digetarkan).
· Menentukan arah bayangan benda jika
posisi sumber cahaya diubah
berdasarkan gambar.
· Menjelaskan sifat cahaya yang terjadi
berdasarkan ilustrasi suatu
kegiatan/gambar.

Listrik dan magnet
· Menentukan saklar-saklar yang harus
diputus/disambung sehingga beberapa
lampu menyala/mati, bila diberikan
gambar rangkaian listrik yang terdiri atas
beberapa lampu dan dua saklar.
· Menentukan cara

Sumber daya alam
· Menjelaskan manfaat salah satu jenis
sumber daya alam berdasarkan gambar.
· Menentukan beberapa sumber daya alam
yang dapat diperbaharui atau tidak dapat
diperbaharui.
· Menjelaskan dampak pengambilan bahan
alam terhadap pelestarian lingkungan

Daur air
· Menentukan tahapan daur air
berdasarkan gambar.
· Menjelaskan kegiatan manusia yang
dapat mempengaruhi daur air.

Sistem tata surya
· Menjelaskan akibat gerakan bumi/ bulan
terhadap matahari.
· Mengidentifikasi gambar terjadinya
gerhana matahari/bulan.
· Menentukan nama planet yang ditunjuk
pada gambar sistem tata surya.
· Menentukan nama planet berdasarkan
ciri-cirinya.
· Menjelaskan dasar perhitungan kalender
Masehi atau Hijriah.



untuk membantu belajar, dibawah ini silahkan di Downloads rangkuman materi IPA SD yang sudah disesuaikan dengan kisi-kisi

RANGKUMAN MATERI IPA SD


Untuk mencetak klik link di bawah ini  !

mencetak rangkuman materi IPA

0 Response to "Rangkuman Materi Ujian Sekolah SD Tahun pelajaran 2015/2016"

Post a Comment